Author : Hasbi Ilman Hakim
10080013174
Ta'aruf Fakultas Ilmu Komunikasi 26/08/2013-27/08/2013
Menurut pembagiannya di unisba, fikom terbagi menjadi 3.
1. Jurnalistik
2. Public Relationship
3. Manajemen komunikasi.
Visi :
Menjadi yang unggul dalam ilmu komunikasi yang berbasis teknologi dan islam.
Laboratorium di unisba cukup lengkap, beberapa diantaranya ialah lab fotografi, multimedia, radio, film
dan TV (avikom), dan lab grafis.
Ada beberapa ketentuan pakaian mahasiswa unisba.
Untuk akhwat:
Tidak diperbolehkan memakai kaos oblong, bertangan pendek, full press body, transparan, celana
sobek, bokong dajal terbuka, dan bertato.
Untuk Ikhwan:
Tidak diperbolehkan memakai baju yang transparan, ketat, celana sobek, bersimbol negative, asesoris
anting, rambut punk, tindik, bertato.
Dan dikhususkan pada hari jumat, laki-laki dowajibkan memakai koko dan batik. Perempuan memakai
kerudung dan muslimah.
DAM FIKOM UNISBA
Ketua: Badai Banyu Negara
Terbagi menjadi 3 bagian, yaitu komisi A, B , C
Tugasnya:
Memperkenalkan masing-masing lembaga
Memberikan informasi kepada BEM FIKOM UNISBA
Sebagai lembaga tertinggi
Mengawasi BEM FIKOM
BEM FIKOM UNISBA
Ketua: Poetrana Oneal
Terbagi mejadi 3 DIvisi:
1. Sumber Daya Mahasiswa.
Mengurus seluruh yang berhubungan dengan kemahasiswaan.
2. Media dan advokasi
3. Seni budaya dan olahraga
Mengangani hal-hal yang berbau seni dan olahraga mahasiswa, contohnya seperti Pekan Olahraga
Mahasiswa.
Hima PR
Ketua: Siti Aisyah Khumairoh
Himpunan mahasiswa public relationship ialah suatu himpunan yang berfungsi untuk mewadahi
anak-anak public relationship. Dan belajar lebih dalam tentang Public Relationship.
Terbagi menjadi beberapa divisi:
Divisi Ipal
Divisi Ikom
Divisi Litbang
Divisi Media
Divisi Diskon (konsultasi)
Divisi kreatif
Adapun program kerjanya ialah:
Mengadakan utbond , rapat, stadium general, study vacation , dan lain-lain.
KMMK
Keluarga Mahasiswa Manajemen Komunikasi.
Ketua: Amelia Mardiana
Terbagi menjadi beberapa divisi:
1. Divisi Litbang:
Bertugas seperti studi kunjungan, keadaan lapangan disaat hendak membuat film, dan lain-lain.
2. Divisi Infokom
Seperti mengadakan stadium general.
3. divisiPubdok
Bertugas untuk mempublikasikan dan mengabadikan moment.
4. Divisi Akademik
Seperti Info beasiswa , bank soal.
5. Divisi kreatif
Seperti Nobar, manfest, kreator ide acara.
Sistem SKS
145 SKS wajib, 8 semester.
Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya, nanti akan mendapatkan transkrip nilai/IPK.
IPK:
Menetukan boleh tidaknya mengambil SKS lebih banyak dan IPK merupakan rata-rata nilai.
Evaluasi belajar:
kehadiran minimal 75% , mengikuti UAS , UTS, Tugas.
Sanksi akademis:
- Menyontek -plagiat /lupa sumber -resensi/kehadiran min 75%
- Terlambat perwalian - etikanya dijaga.
Apa itu juranalistik?
Yaitu kegiatan mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan pemberitaan kpd publik.
Ilmu jurnalistik: salah satu ilmu terapan.
Tujuan: Memberikan waawsan, menanamkan keterampilan, dan seni dalam ilmu jurnalistik.
Prospek:
Menjadi seorang reporter, presenter news anchor, editor, wartawan, sript writer, penyiar radio, design
komunikasi visual.
Beberapa mata kuliah yang diajarkan:
1. Dasar penulsian.
2. Sejarah media
3. Penulsian media cetak
4. Penulisan media elektronik
5. Etika hukum dan media
Ketua program ilmu jurnalsitik: Dr. H. Aziz Taufik Hirzi, M. Si
Public Relationship/Humas.
Apa yang dilakukan oleh PR?
Yaitu:
• Komunikasi secara lisan dan tulisan
• Menyusun strategi komunikasi
• Kreatif dalam menyusun program-program
• Mengelola pelayanan public secara prima
Prospek Lulusan:
• Corporate communication manager
• Public relationship manager
• Wirausahawan
• Konsultan PR
Apa itu Manajemen Komunikasi?
Manajemen komunikasi lahir dikarenakan tuntutan untuk menyebarluaskan ilmu komunikasi di dunia
nyata.